9 Makanan Khas Bekasi Yang Paling Banyak Di Cari

Nama Bekasi berasal dari kata Bagasasi yang merupakan sebuah nama sungai yang melewati kota Bekasi. Bekasi juga satu dari sekian banyak kota dengan jumlah penduduk terbanyak se-Indonesia dan menjadi pusat sentra usaha kecil menengah dan Industri besar. Tidak heran jika cuaca di Bekasi lebih panas dari kota-kota lainnya di Indonesia. Menimbang kota Bekasi salah satu kota dengan kawasan industri terbesar se-ASEAN, maka kita bisa menemukan berbagai produk-produk konsumsi yang beragam jumlahnya, termasuk makanan.


Nuansa rasa makanan khas Bekasi

Berkunjung ke Bekasi tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khasnya dan pulang tanpa membawa oleh-oleh dari Bekasi. Bekasi mempunyai kuliner yang beragam dan umumnya mempunyai nuansa yang sama dengan kota-kota JABODETABEK lain. Terdapat banyak kue basah yang bisa di nikmati dan kue kering untuk di bawa pulang sebagai buah tangan.

Kali ini kita akan berbicara tentang makanan khas Bekasi yang wajib di coba dan cocok untuk di bawa pulang.

Bandeng Rorod

Bandengn Rorod adalah bandeng yang di masak tanpa duri dan biasanya hanya di buat di saat momen-momen tertentu saja. Bandeng Rorod merupakan makanan khas Bekasi yang paling banyak di cari oleh wisatawan maupun warga asli. Bandeng Rorod sendiri telah diperkenalkan ke pasaran sejak 2011 lalu namun baru populer di tahun 2016 silam. Jika ada yang bertanya-tanya apa perbedaan bandeng Rorod dengan bandeng Presto Surabaya, sebenarnya secara bahan ikan tidak ada yang beda. Perbedaan terdapat pada ikan dan rasa yang di ibaratkan seperti siang dan malam. Bandeng Presto adalah bandeng yang dimakan dengan tulang-tulangnya yang telah lunak (di masak presto) sedangkan bandeng Rorod adalah bandeng yang durinya telah di buang sebelum di masak. Bumbu kedua bandeng juga jauh berbeda dan mempunyai rasa khas masing-masing.

Bandeng Rorod adalah pilihan pertama makanan khas Bekasi yang cocok di konsumsi oleh siapa saja dan harganya juga terjangkau. Bandeng Rorod juga bisa di jadikan oleh-oleh jika anda berkunjung ke Bekasi hanya dengan rentang harga Rp 20.000 hingga Rp 40.000 per paket.

Kue Sagon

Di Indonesia, kue sagon merupakan jajanan yang biasa di temui di sekolah-sekolah atau pasar tradisional. Kue ini selain murah, rasa legit yang di tawarkannya menjadi selalu mengikat hati siapa saja yang pernah mencobanya.

Kue sagon khas Bekasi di buat dengan cara di sangrai dengan bara api sehingga menciptakan rasa khas dibandingkan di proses melalui pemanggang modern. Kue sagon mempunyai bentuk umum seperti oval dan persegi, dan bisa di beli mulai dengan harga Rp 2.000 per potong.

Kue Duit

Kue duit biasanya hanya bisa di temukan pada saat hari raya Idul Fitri dan merupakan panganan ringan yang bisa di konsumsi oleh siapa saja. Teksturnya yang rapuh dan gampang di cerna menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menemani hari-hari spesial anda. Kue duit mempunyai bentuk bundar, pipih dan mempunyai tekstur bunga.

Dinamakan kue duit karena bentuk dan ukurannya yang menyerupai seperti uang logam dan harganya per satuannya yang super terjangkau. Sekarang anda bisa menikmat panganan ini kapan saja di mana saja karena telah banyak usaha-usaha rumahan membuat kue duit di luar hari raya Idul Fitri.

Rengginang

Rengginang adalah camilan yang di buat dengan bahan beras dan mirip seperti kerupuk. Rengginang di buat dengan cara menjemurnya di bawah terik matahari lalu menggorengnya hingga mengembang. Beberapa variasi rengginang di buat dengan menambahkan lelehan gula merah yang akan mengeras setelah dingin. Rengginang sendiri memiliki harga yang murah dan bisa di stock sebanyak-banyaknya jika anda ingin menjadikannya oleh-oleh.

Kue Akar Kelapa

Satu lagi kue khas lebaran yang bisa di temui di rumah-rumah saat hari itu tiba adalah kue akar kelapa. Kue ini merupakan kue khas Bekasi yang mempunyai bentuk seperti French fries dengan tekstur bergerigi. Kue akar kelapa ini walaupun mempunyai tekstur yang sedikit tebal, namun tetap enak hingga ke dalamnya. Orang-orang juga ada yang menyebut kue ini dengan nama kue procot dan dengan harga sekitar Rp 25.000 anda sudah bisa membawa pulang ½ kg kue akar kelapa ini.

Wajik Ketan Hitam

Wajik ketan bisa anda temukan di seluruh Indonesia, setiap daerah mempunyai keunikan masing-masing dalam hal rasa; termasuk wajik ketan hitam khas Bekasi. Bahan utama wajik adalah ketan hitam dan ketan putih yang nantinya bertemu dengan santan yang gurih. Kue ini termasuk kue basah dan paling sering di temukan di warung-warung dan pasar tradisional. Kue di buat dengan cara di kukus lalu di rendam dengan larutan santan yang telah di beri gula dan daun pandan yang di masak sebelumnya. Rasanya yang manis dan teksturnya yang kenyal menjadi favorit anak-anak dan orang tua tanpa terkecuali.

Kue Kembang Goyang

Kue kembang goyang tidak hanya terkenal di Bekasi dan sekitarnya saja, namun hingga ke seluruh pelosok Indonesia. Setiap ibu-ibu di rumah selalu membuat kue ini di hari-hari tertentu untuk menambah kualitas waktu berkumpul. Kue ini juga bisa di jadikan makanan untuk menjamu tamu dan yang paling populer adalah untuk dijadikan oleh-oleh jika berkunjung ke Bekasi.

Kue ini mempunyai bahan dasar tepung dan santan yang kemudian di goreng dengan minyak panas. Kembang goyang mempunyai bentuk seperti bunga, rapuh jika di konsumsi, dan gurih dari segi rasa.

Kue Biji Ketapang

Makanan khas Bekasi yang tidak ketinggalan adalah kue biji ketapang. Kue ini dinamakan kue biji ketapang karena bentuknya yang memang mirip seperti biji ketapang. Walaupun tidak disarankan untuk orang-orang yang tidak kuat mengunyah –seperti orang tua, tapi kue ini sangat populer di kalangan anak-anak dan dewasa. Bahan-bahan dasar dari kue ini adalah tepung terigu, gula, mentega, dan telur. Bisa di pastikan kue ini oleh-oleh yang akan terus di jadikan favorit dari Bekasi.

Sayur Gabus Pucung

Gabus Pucung merupakan masakan khas Bekasi yang terbuat dari Ikan gabus yang di goreng dan lumuri dengan kuah berwarna hitam. Warna tersebut berasal dari pucung (kluwek) yang di masak dan memberi rasa khas gabus pucung. Walaupun mempunyai warna hitam, rasa gabus pucung jauh dari rasa yang biasa saja. Pucung malah membuat rasa gurih dari gabus yang di goreng semakin kuat dan campuran cabai dengan bumbu lainnya begitu pas yang membuat kita ingin selalu memakan masakan ini. Aroma pucung yang khas memberitahu bahwa makanan khas Bekasi ini tidak akan di dapat dari tempat lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *